Thursday, March 22, 2012

mencari file pdf,doc,ppt,dll dengan google script

ne postingan pertama ane stlh lma brtapa di UIN SUSKA PEKANBARU ckckc,,, kadang mgkin ente2 pade susah banget googling, mw cari data berformat pdf malah yang nongol blogspot n situs2 ijal(indak jaleh).. nah ne trik na biar ente2 pade wktu googling lgsg dpt file yg berformat pdf,doc,ppt or dll....
buka www.google.com setelah itu,, ente masukkan kata yang ente inginkan, contoh nya ente cari silabus smp, maka tulis di searching na dengan keyword sprti ini

"silabus smp"filetype:pdf



maka hasil na adalh jreng jreng jreng... smua hsl pncarian dlm bntuk PDF
,, lht gmbr:


nah untuk data yg lain,, msl na ente cri dlm bntuk DOC(MICROSOFT WORD) ente ganti aja keyword na menjadi:
"silabus smp"filetype:doc
lht gmbr:

lht,, smua mnjadi dlm bntuk DOC
yg laen? tggl gnti keyword pada FILETYPE: na adzaaa...

NB: boleh gx pake tanda kutip (") karena tanda kutip fungsinya hanya mengunci kata, jadi misalnya kita mencri kata silabus smp tanpa tanda kutip, hasilnya seperti ini